Synopsis

Cerita Singkat Preman Pensiun?

Gobang kembali ke Bandung, mengundang teman-temannya, para mantan preman untuk bertemu kembali. Mereka yang diundang adalah Ujang, Murad, Pipit, Cecep, Bohim, Mang Uu, Dikdik dan Joni. Dikdik kemudian tidak jadi datang karena masalah dengan istrinya.

Dalam pertemuan yang disebut “reuni kecil-kecilan” itu, Gobang meminta bantuan teman-temannya untuk melakukan penyelidikan, siapa pelaku pembantaian terhadap adik iparnya hingga tewas.

Pelaku pembantaian kemudian diketahui adalah Darman dan kawan-kawan yang hanya sebagai orang suruhan. Dalang di balik kejadian itu ternyata teman mereka sendiri, sesama bekas anak buah Muslihat (Epy Kusnandar) yang sebenarnya juga sudah pensiun.

Muslihat mencoba mencegah terjadinya perang saudara, tapi Gobang sudah terlanjur datang dengan membawa dendam, “darah dibayar darah, nyawa dibayar nyawa.”.

Trailer

Mengenang

sample70

Alm. Didi Petet

Kang Bahar

Instagram

Didi Petet adalah aktor kelahiran Surabaya 1965 dengan nama asli Didi Widiatmoko. Didi Petet selama hidupnya telah membintangi banyak film dan teater. Didi pernah mendapatkan banyak penghargaan dari jagad perfilman tanah air mulai dari FFI, FFB, Piala Vidia hingga Indonesia Movie Awards. Di tahun 2015 Didi Petet meninggal dunia di umur 58 tahun. Di Preman Pensiun Didi Petet berperan sebagai Kang Bahar penguasa terminal di Bandung. Selama berkuasa ia mempunyai peraturan “Semua Orang Harus Diuntungkan”.

Cast & Crew

sample47

Epy Kusnandar

Kang Mus

Instagram

Epy Kusnandar adalah aktor berdarah Sunda yang lahir 1 Mei 1964. Epy telah aktif di teater sejak masih duduk di bangku sekolah menengah. Lulus SMA pada tahun 1983, Epy baru melanjutkan ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada tahun 1989. Selama karirnya menjadi aktor, Epy pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Pria FTV Terbaik Festival Film Indonesia 2012 dan Pameran Utama Pria FTV Terbaik Festival Film Indonesia 2012. Di Preman Pensiun Epy berperan sebagai Kang Mus, tangan kanan dan menjadi penerus kekuasaan Kang Bahar.

sample70

Tya Arifin

Kinanti

Instagram

Tya Arifin merupakan aktris layar lebar yang mengawali karirnya pada tahun 2012. Selain bermain film, Tya juga berkarir dalam dunia tarik suara. Ia pernah mengeluarkan lagu berjudul Bawalah Aku yang diciptakan Anang Hermansyah. Di Preman Pensiun Tya berperan sebagai Kinanti, anak ketiga Kang Bahar setelah Kinasih dan Kirani.

sample70

Icha Naga

Pipit

Instagram

Firman Syahfitra lahir di Rancaekek, Bandung tahun 1961. Di Preman Pensiun Firman berperan sebagai Pipit. Anak buah dari Kang Mus bersama Murad, Dikdik, dan Ujang. Bertugas menjadi Bodyguard untuk anak-anak Kang Bahar dan bekerja sebagai satpam salah pusat perbelanjaan bersama Murad. Sebelum bermain di Preman Pensiun, ia bekerja sebagai Bodyguard. Peran Pipit yang ia mainkan 90% mirip dengan kehidupan aslinya.

sample83

Deny Firdaus Rachmat

Murad

Instagram

Deny Firdaus Rachmat merupakan aktor yang berprofesi sebagai bodyguard. Pria yang lahir di Bandung 21 Agustus 1970 ini sangat menyukai olahraga, terutama tinju. Di Preman Pensiun Deny berperan sebagai Murad, anak buah dari Kang Mus yang bertugas menjadi Bodyguard untuk anak-anak Kang Bahar sekaligus rekan Pipit yang bekerja sebagai satpam di salah pusat perbelanjaan.

sample70

Soraya Rasyid

Imas

Instagram

Soraya Rasyid adalah aktris dan presenter yang memulai karir sebagai model dari pencarian bakat majalah. Soraya terlibat di beberapa serial produksi MNC Pictures yaitu Amanah Wali 2 dan Dunia Terbalik. Di Preman Pensiun Soraya berperan sebagai Imas, istri dari Dikdik.

sample70

Vina Ferina

Ceu Esih

Instagram

Vina Ferina adalah aktris yang dulu pernah bergabung dengan Padhyangan 6, grup lawak asal Bandung yang kerap roadshow kabaret ke berbagai daerah. Vina pernah masuk nominasi Pemeran Pembantu Wanita Terpuji pada Festival Film Bandung (FFB) 2012. Tahun 2017, Vina pernah bermain sebagai Fatimah di serial Kampung Kendang produksi MNC Pictures. Di Preman Pensiun Vina berperan sebagai Ceu Esih, istri Kang Mus.

sample83

Muhammad Jamasari

Gobang

Instagram

Dedi Moch Jamasari adalah aktor asal Bandung. Sebelum berprofesi sebagai aktor, Jamasari pernah menjadi preman di akhir 90-an. Di Preman Pensiun, Jamasari berperan sebagai Gobang, preman berwajah kalem penguasa Terminal Cicaheum yang memiliki anak buah Bohim dan Cecep.

sample70

Andra Manihot

Dikdik

Instagram

Andra Manihot adalah aktor yang lahir di Bandung pada tahun 1983. Di Preman Pensiun Andra berperan sebagai Dikdik, anak buah dari Kang Mus yang pintar membuat strategi dan spesialis preman pasar. Ia merupakan suami dari Imas yang mempunyai usaha jaket kulit. Sebelum bermain di Preman Pensiun, Andra pernah menjadi pengamen dari bis ke bis di Dago Bandung, Tanah Abang, dan Kramat Jati di Jakarta.

sample47

Moch Fajar Hidayatullah

Ujang

Instagram

Moch Fajar Hidayatullah adalah aktor kelahiran Pekalongan tahun 1984. Di Preman Pensiun Fajar berperan sebagai Ujang, anak buah dari Kang Mus yang bertugas untuk memantau bisnis Kecimpring. Sebelum bermain di Preman Pensiun Fajar adalah karyawan di salah satu perusahaan di bidang makanan.

sample47

Yusup Herdiana

Mang UU

Instagram

Yusuf Herdiana adalah aktor asal Bandung. Di Preman Pensiun Yusuf berperan sebagai Mang Uu, anak buah dari Gobang yang mempunyai tugas menjaga keamanan terminal Cicaheum. Selalu berbicara dengan bahasa Inggris yang menjadi ciri khasnya.

sample83

Abenk Marco

Cecep

Instagram

Abenk Marco adalah aktor yang merupakan mantan manager di salah satu perusahaan properti. Abenk lahir di Garut tahun 1983. Di Preman Pensiun Abenk berperan sebagai Cecep, anak buah dari Gobang yang bertugas menjaga keamanan terminal Cicaheum bersama Bohim.

sample70

Purwo Kristiono

Bohim

Instagram

Purwo Kristiono adalah aktor kelahiran Bandung 5 Mei 1982. Kris yang pernah tercatat sebagai mahasiswa Seni Rupa STSI Bandung sangat menyukai dunia perfilman. Ia pernah membintangi sejumlah sinetron dan FTV tanah air. Di Preman Pensiun Kris berperan sebagai Bohim, anak buah dari Gobang yang bertugas menjaga keamanan sekaligus merangkap calo di terminal Cicaheum bersama Cecep.

sample70

Safira

Eneng

Instagram

Safira Maharani Farsya adalah aktris muda asal Bandung kelahiran 13 Juli 2001. Di Preman Pensiun Safira berperan sebagai Eneng, anak satu-satunya yang paling disayangi Kang Mus.

sample70

Fuad Idris

Kang Idris

Instagram

Fuad Idris merupakan seorang aktor senior berkebangsaan Indonesia. Di tahun 2012, Fuad berhasil meraih Piala Citra di FFI untuk nominasi Kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Tahun 2017 Fuad bermain sebagai Taufiq Ismail di film Chrisye produksi MNC Pictures. Di Preman Pensiun Fuad Idris berperan sebagai Kang Idris pensiunan preman sekaligus sahabat Kang Bahar (Alm. Didi Petet) dan Kang Bagja (Aat Soeratin).

sample70

Aris Nugraha

Sutradara & Penulis

Instagram

Aris Nugraha adalah seorang sutradara dan penulis skenario yang merupakan pendiri ANP Films. Aris yang terus konsisten menghasilkan cerita komedi keseharian yang berkualitas pernah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi untuk insan perfilman tanah air. Aris pernah menang di Festival Film Bandung tahun 2003, 2005, dan 2011. Selain itu, tahun 2006 Aris berhasil meraih Piala Vidia di Festival Film Indonesia untuk nominasi kategori Film Cerita Serial Terbaik.

sample70

Toha Essa

Produser Eksekutif

Instagram

Head of Movie di MNC Pictures.

sample70

Lukman Sardi

Produser Kreatif

Instagram

Lukman Sardi adalah aktor yang terkenal sebagai seorang pemeran watak dalam film-filmnya. Mulai bermain peran sejak ia masih berusia 7 tahun dalam film Kembang-kembang Plastik tahun 1978. Lukman Sardi pernah berhasil mendapat penghargaan FFI lewat Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2005 dan 2007, dan kembali masuk nominasi Piala Citra pada tahun 2013 untuk Pemeran Film Terbaik. Di tahun 2014, Lukman Sardi membintangi film 7/24 produksi MNC Pictures. Kemudian pada tahun 2016, Lukman bermain dalam film The Professionals yang diproduksi MNC Pictures. Selain menjadi aktor, Lukman Sardi juga menyutradarai film Di Balik 98 produksi MNC Pictures.

News

Hadiri Gala Premier Preman Pensiun, Ridwan Kamil Ngakak Nonton Filmnya

Ridwan Kamil ikut hadir dalam Gala Premier film Preman Pensiun yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/1). Gubernur Jawa Barat itu mengaku sangat terhibur saat menonton filmnya. Tak melulu tertawa, Ridwan juga akui ada banyak pesan yang bisa dipetik dari film tersebut.

Read More

Kata Ridwan Kamil soal Preman Pensiun

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatangi gala premier film Preman Pensiun yang diadakan di Ciwalk, Bandung, Sabtu, 12 Januari 2019. Selain mendukung karena tema dan syuting yang sebagian besar dilakukan di Tanah Pasundan, film tersebut mempunyai kesan mendalam bagi Ridwan.

Read More

Ridwan Kamil Ajak Warga Nonton Film Preman Pensiun

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak masyarakat untuk menonton film Preman Pensiun yang mulai tayang 17 Januari 2019. "Jangan lupa warga Jawa Barat nonton film terbaik kita, film Preman Pensiun mulai tayang tqnggal 17 Januari ini, sukseskan. Hadir di cinema-cinema di bioskop-bioskop di seluruh Jawa Barat," ujar pria yang akrab disapa Emil ini, di Ciwalk, Sabtu (12/1/2019).

Read More

Gubernur Jawa Barat Hadiri Premier Preman Pensiun

MELANJUTKAN cerita dari serial televisi favorit ke versi layar lebar, merupakan tantangan bagi sutradara dan penulis naskah Preman Pensiun, Aris Nugraha. Apalagi sudah tiga tahun, serial Preman Pensiun tak ditayangkan lagi. Tentu banyak penggemar yang rindu dengan kehidupan Muslihat (Epy Kusnandar) bersama mantan anak buahnya.

Read More

Kesan Ridwan Kamil Menonton Film Preman Pensiun bersama Istri

TABLOIDBINTANG.COM - Film Preman Pensiun akan tayang di bioskop mulai 17 Januari 2019 mendatang. Film tersebut digarap untuk menjawab rasa rindu penggemar, salah satunya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Read More

Kental Budaya Sunda, Ridwan Kamil Ajak Warga Jabar Nonton 'Preman Pensiun'

Jakarta - Sinetron 'Preman Pensiun' diangkat menjadi film layar lebar. Diisi dengan bintang yang hampir sama, jalan cerita masih berputar di antara Muslihat (Epy Kusnandar) dan anak buahnya.

Read More

Event Schedules

Media Partner

Terima kasih atas dukungan media partner terhadap Preman Pensiun layar lebar