Home   >   Series   >   Ogah Rugi
Ogah Rugi

Synopsis

Ogah Rugi berkisah tentang kehidupan 3 (tiga) orang sopir angkot yang berusaha bertahan hidup di tengah maraknya mode transportasi modern, yang lebih menarik minat penumpang. 

 

Di tengah-tengah maraknya mode transportasi online, masa depan angkot semakin suram. Di dalam kondisi seperti itu, Solihin, Jamil dan Rustam terus bertahan menjadi sopir angkot untuk mewujudkan cita-cita mereka. Mereka tak bisa pindah ke transportasi online karena mereka tak memiliki mobil sendiri.

 

Solihin adalah laki-laki yang merindukan ingin punya anak. Istrinya, Sopiah, tak bisa memberinya keturunan. Karena Sopiah tak bisa memberinya anak, secara sembunyi-sembunyi Solihin menikah untuk yang kedua kalinya. Istri keduanya adalah janda tanpa anak yang bernama Neneng. Dari Neneng pun Soleh tak mendapat keturunan.

 

Jamil punya cita-cita ingin memiliki kendaraan pribadi, yang kelak bisa ia jadikan sebagai taksi online, atau angkot. Ia juga ingin menyekolahkan anak gadisnya, yang bernama Endah, hingga sarjana. Itulah cita-cita yang membuatnya terus bertahan sebagai sopir angkot.

 

Rustam punya cita-cita ingin memiliki restoran pribadi. Sebagai orang Minang, ia merasa sangat pandai memasak. Angkot adalah jembatan baginya untuk mewujudkan cita-cita.

 

Kehidupan monoton ketiga sopir angkot itu tiba-tiba berubah suatu hari, ketika Jamil mendapatkan penumpang seorang wanita cantik yang membawa anak bayi berumur 8 bulan.

 

Wanita yang bernama Yati itu sangat misterius. Ia naik angkot Jamil untuk menemui seorang kawan. Tapi kawannya itu sudah lama menghilang. Yati bingung, tak tahu hendak ke mana membawa bayinya, ia tak punya sanak saudara, atau pun tempat berteduh.

 

Yati tak punya suami. Hanya itu yang bisa ia ceritakan pada orang lain. Kondisi Yati itu membuat Solihin lantas tertarik untuk mendekatinya. Yati punya anak. Kalau ia bisa menikah dengan Yati, menikah untuk yang ketiga kalinya, ia dengan sendirinya sudah punya anak. Solihin terkadang sadar, jangan-jangan ia lah yang mandul, bukan kedua istrinya.

 

Jamil hidup sangat pas-pasan. Ia bukan hanya mencari uang untuk keluarganya, tapi juga untuk membantu biaya kuliah adiknya yang bernama Nabila, karena kedua orangtua mereka sudah tak ada. Mustahil bagi Jamil untuk menambah beban hidupnya dengan mengurus Yati. Tapi Jamil tak bisa lepas tangan begitu saja karena Yati adalah penumpangnya, ia merasa bertanggung jawab atas Yati. Jamil yakin, jika ia tak memperdulikan Yati, niscaya Solihin akan mendekati Yati untuk dijadikan istri ketiga.

 

Rustam adalah orang yang selalu mengukur semuanya berdasarkan untung-rugi. Ketika Jamil dan Solihin bermaksud membantu Yati, Rustam tak tertarik sedikitpun. Tapi ketika Jamil mengatakan, “gimana kalau bapak bayi Yati itu adalah pejabat tinggi? Orang penting? Orang kaya?”. Rustam pun tergoda. Rustam melihat peluang untung dengan membantu Yati.

 

Akhirnya Solihin, Jamil dan Rustam bergotong royong membantu Yati, untuk tujuan mereka masing-masing.

 

Ogah Rugi bukan hanya berkisah tentang perjuangan sopir angkot dalam membantu Yati, tapi juga berisi persoalan keseharian para sopir angkot. Persoalan yang mereka hadapi bukan hanya sepinya penumpang, tapi juga kenaikan BBM, maraknya taksi online, harga sembako, termasuk persoalan yang diberikan oleh timer terminal yang bernama Togop, yang juga tergila-gila pada anak gadis Jamil

 

Semua kisah itu disampaikan dengan cara yang ringan dan lucu.

Photo Gallery

Catch Up Episodes

  • DIRECTOR
    -
  • WRITER
    MNC Pictures
  • PRODUCER
    MNC Pictures
ADS